Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Artikel yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya di jurnal nasional maupun internasional
  • Pengajuan artikel ada dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect
  • Bila tersedia, URL untuk referensi telah dicantumkan
  • Penulisan naskah adalah satu spasi; menggunakan font 11-point; tidak digarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, angka, dan tabel dalam teks ditempatkan pada bagian yang tepat, bukan ditempatkan diakhir.
  • Naskah harus mematuhi persyaratan gaya selingkung jurnal yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan/ Author Guidelines
  • Semua nama penulis yang tertera pada naskah sudah menyatakan setuju untuk mengirimkan naskah ke Jurnal CARING (Center of Research Publication in Midwifery and Nursing)

 


PETUNJUK UMUM


Jurnal Publikasi Penelitian Kebidanan dan Keperawatan/Center of Publication in Midwifery and Nursing (CARING) menerima berbagai artikel/naskah (Fulltext) berupa hasil penelitian asli yang relevan dan metaanalisis pada bidang keperawatan dan kebidanan. Jurnal ini hanya menerima artikel penelitian yang belum pernah dimuat atau tidak dalam proses publikasi dalam jurnal lain dengan menandatangani surat pernyataan. Bila diketahui artikel yang telah dimuat dalam jurnal lain, maka edisi selanjutnya akan dianulir. Penulis utama harus memastikan seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui naskah dikirim. Artikel yang dikirimkan akan diseleksi dengan sistem peer-review dan akan dibahas oleh ahli pada bidang yang sesuai. Naskah yang memerlukan perbaikan dalam format maupun substansi akan dikembalikan pada penulis untuk diperbaiki dalam rentang waktu yang harus diikuti oleh penulis. Naskah harus memenuhi etik publikasi dan dapat dipertanggungjawabkan.


PEDOMAN PENGAJUAN


Pengiriman naskah dilakukan secara online melalui website CARING dengan cara melakukan register terlebih dahulu.  Alamat website adalah ejournal.binausadabali.ac.id. Apabila mengalami kesulitan dalam mengunggah naskah secara online dapat menghubungi Redaksi Jurnal Publikasi Penelitian Kebidanan dan Keperawatan melalui email: lppmstikesbinausada@gmail.com


 


1. Penulisan Naskah


Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Penulisan naskah memenuhi kaidah Pedoman Umum Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Penggunaan Istilah. Naskah diketik menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11, dengan spasi 1,0 pada kertas A4 (21x29.5cm). Format jarak dari tepi kiri 4 cm, tepi kanan, atas dan bawah 3 cm. Jumlah halaman keseluruhan maximal 10-12 halaman (sudah termasuk daftar pustaka). Awal paragraf dibuat menjorok (indented). Penulisan singkatan untuk pertama kali muncul dalam teks, harus diikuti dengan kepanjangannya. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.


2. Penulisan Judul


Judul artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (judul tidak lebih dari 12 kata), menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, dengan spasi tunggal, dicetak tebal dan penulisannya Capitalize Each Word. Penulisan judul mengerucut ke bawah.


3. Penulis dan Korespondensi


Nama penulis diketik tanpa mencantumkan gelar menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10, dengan spasi tunggal dan dicetak tebal. Keterangan tentang program studi dan fakultas/program studi yang ditempuh serta lembaga afiliasi yang dicantumkan harus jelas, ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10, spasi tunggal tanpa dicetak tebal.


Contoh: Penulisan Judul, Penulis dan Korespondensi:


4. Abstrak dan Kata Kunci (keywords)


Abstrak untuk setiap naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf dengan jumlah maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia dan 250 kata untuk bahasa Inggris. Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction and aim, methods, result and discussion (IMRAD). Penyusunan kata kunci berdasarkan abjad terdiri dari 3-5 buah kata.


5. Sistematika Penulisan Isi Naskah


Isi naskah memuat Pendahuluan, Metode, Hasil (memuat tabel hasil penelitian), Pembahasan, Simpulan dan Saran serta Daftar Pustaka.


6. Tabel


Tabel disusun berurutan dengan jumlah tabel maksimal 6 buah. Setiap tabel harus diberi nomor dan judul singkat sesuai dengan urutan penyebutan dalam naskah. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan tabel, bukan pada judul tabel.


 7. Foto/gambar


Foto/gambar disusun berurutan dengan jumlah foto/gambar maksimal 6 buah. Foto orang yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis. Bila gambar diperoleh dari sumber/orang lain atau berupa ilustrasi yang sudah pernah dipublikasi harus diberi acuan. Nomor urut dan judul gambar harus ditulis sesuai pemunculan dalam naskah.


8. Penulisan Daftar Pustaka


Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan APA (American Psychological Association). Jumlah rujukan maksimal 20 buah, dikutip berjangka waktu maksimal 10 tahun terakhir.


 


 


DESKRIPSI PEDOMAN


Naskah utama memuat Pendahuluan, Metode, Hasil (memuat tabel hasil penelitian), Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.


Penulisan sub judul utama (Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka) menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata (Capitalize Each Word), tanpa nomor, dicetak tebal dan posisi di kiri.


Pendahuluan menjelaskan alasan mengapa penelitian dilakukan, perumusan dan pemecahan masalah, status ilmiah (state of the art) penelitian-penelitian terdahulu serta tujuan dan hasil penelitian yang diharapkan.


Metode menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan atau cara-cara untuk mencapai tujuan penelitian.


Hasil mencantumkan data yang diperoleh, analisis data, temuan-temuan yang spesifik pada penelitian yang dilakukan. Hasil memuat tabel hasil penelitian. Hindari penyajian tabel dan gambar dari data yang sama.


Pembahasan memuat perbandingan hasil penelitian dengan penelitian-penelitian terdahulu secara berurutan sesuai dengan urutan dalam tujuan.


Simpulan dan Saran harus mengacu pada tujuan penelitian dan berisi simpulan hasil penelitian secara umum bukan mengulang abstrak.


Sub-sub judul ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata, tanpa nomor, dicetak tebal dan posisi di sebelah kiri. Kata/kalimat dalam bahasa asing ditulis miring. Singkatan pertama kali ditulis di dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya. Penulisan angka mengggunakan US System seperti: 1,000,000 menyatakan satu juta dan 2.5 menyatakan dua lima per sepuluh. Sistem satuan yang digunakan adalah SI Unit: cgs (centimeter, gram, second/detik).


 


 


CONTOH PENULISAN DAFTAR PUSTAKA


Jurnal:


Suhardiyanto, H., M.M. Fuad dan Y. Widiningrum. 2007. Analisis pindah panas pada pendinginan dalam tanah untuk sistem hidroponik. Jurnal Keteknikan Pertanian Vol.21 (4):355 -362. 


Prosiding:


Fukuda, T., Y. Nakano, Kuroda, S. Takeuchi, BISetiawan, A. Sapei dan F. Nurrochmad. 2001. manajemen air dan kualitas air paddyarea di DAS Cidanau di Jawa Barat. Prosiding 1 st  Seminar: Menuju Harmonisasi antara Pembangunan dan Konservasi Lingkungan di Produksi Biologi , Tokyo, 21-23 Februari, 2001. p 201-205.


Buku:


Morga, RPC1996. Erosi Tanah dan Konservasi . 2ndEd. Longman. Harlow


Bab dalam buku:


Howell, TA, FK Alijiburi, HM Gitlin, I. Pai Wu, AWWarrick Dan PAC Raats. 1980. Desain dan operasi dari tetesan (drip) irigasi, di Jensen, ME (Ed.). Desain dan Operasi Pertanian Sistem Irigasi. ASAE. Michigan. p 663-717.


Skripsi/Tesisi/Disertasi :


Arifanto, T. 2002. Teknik perbaikan filter fisik dan filter kimia pada sistem resirkulasi pembenihan ikan patin. (Skripsi). Departemen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Bogor.