Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil

Main Article Content

Ni Putu Mita Rahayu
Ni Ketut Citrawati
Dewa Gede Juliawan

Abstract

AKI (angka kematian ibu) yaitu jumlah kematian ibu selama masa kehamilan, persalinan dan nifas. Kematian ini disebabkan oleh kehamilan, persalinan, dan nifas. Pada dasarnya penyebab kematian ibu dikarenakan kurang melakukan pemeriksaan pada saat hamil dan tidak rutin melakukan kunjungan ANC (antenatal care).Hal ini sebagai penyebab ibu hamil beresiko mengalami perdarahan dan pre eksklamsia yang menyebakan kematian pada ibu atau bayi. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan ibu hamil. Design penelitian yang digunakan yaitu cross-sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 86 ibu hamil. Sampel diambil dengan teknik Non probability sampling yaitu Consecutive sampling, kemudian dianalisis denganuji rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan ibu hamil P-value=0,000 yang berarti ada hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan ibu hamil. Kualitas pelayanan ANC sangat berhubungan dengan tingkatan kepuasan ibu hamil saat melakukan kunjungan.Hasil penelitian ini bisa dijadikan masukan bagi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatanuntuk meningkatkan kualitas pelayanan antenatal sesuai SOP.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rahayu, N. P. M., Citrawati, N. K., & Juliawan, D. G. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil . Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 21-27. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.113
Section
Articles

References

(RISKESDAS), R. K. (2018). Hasil Utama.
Badung, D. K. (2017). Badung Bali.
Bali, D. K. (2017). Denpasar Bali.
d, K. (2017). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barrru Sulawesi Selatan. Public Health Science JOurnal , 122-127.
D. P, R. L., & S., M. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmu Kesehatan .
I., N., & Emilia. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas. Jurnal Ilmiah Kesehatan , 35-40.
L. R, A. (2015). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mutika, H. S. (2018). Hubungan Antara Karateristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien (ASpek Tangibles) Pada Pelayanan Antenatal Care di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaaran Bojong Gede Bogor Jawa Barat. 3rd UGM Public Health Symposium .
R., J. H., & A., S. (2014). Hubungan Antara Persepsi Wanita Hamil Tentang Kualitas Layanan Antenatal Dengan Kepuasan Wanita Hamil di Pusat Kesehatan Kota Krobokan Semarang. Jurnal kesehatan Masyarakat , 156-161.
R., L. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
R.F, M., & Agushybana, M. A. (2012). Kepuasan Ibu Hamil dan Persepsi Kualitas Pelayanan ANtenatal Care (ANC) di Puskesmas Tanjung Kabupaten Sampang Madura. Media kesehatan Masyarakat Indonesia vol 11/No.2 .
S. R, M. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) DEngan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan ANC di Puskesmas Mergangsan. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran , 1-13.