Pengaruh Pendidikan Sex Dengan Kesiapan Psikologi Remaja Putri Pra-Pubertas Menghadapi Menarche di SDN 1 Kerambitan Tabanan

Main Article Content

Ayuni Kristyari
Luh Putu Widiastini
IGA. Pramita Aswitami

Abstract

Pra-pubertas yaitu masa peralihan dari anak-anak ke remaja. Remaja adalah waktu seorang perempuan mampu mengalami perubahan yaitu dengan terjadinya menarche atau haid pertama. Informasi tentang menstruasi akan berpengaruh siap atau tidaknya seorang remaja putri dalam menghadapi menarche. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap 10 sampel diperoleh 7 orang siswi mengatakan tidak siap menghadapi menarche dan 3 sisiwi mengatakan siap. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan menggunakan rancangan penelitian pre eksperimental dengan menggunakan pendekatan pre post test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswi kelas V dan VI  yang belum mengalami menstruasi di SDN 1 Kerambitan Tehnik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu sebanyak 34  responden. Hasil uji menggunakan wilcoxon dengan nilai p value sebesar 0,001 artinya p < 0,05 maka penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara pengaruh pendiikan sex dengan kesiapan psikologi remaja putri pra-pubertas menghadapi menarche di SDN 1 Kerambitan. Informasi dan pengetahuan akan mempengaruhi kesiapan sesorang dalam menyikapi sesuatu yang dihadapinya, maka dari itu pendidikan sex tentang menstruasi perlu diberikan pada remaja putri yang akan menghadapi menarche agar remaja putri paham dan siap untuk menghadapi menarche.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Kristyari, A., Widiastini, L. P., & Pramita Aswitami, I. (2017). Pengaruh Pendidikan Sex Dengan Kesiapan Psikologi Remaja Putri Pra-Pubertas Menghadapi Menarche di SDN 1 Kerambitan Tabanan. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 1(1). https://doi.org/10.36474/caring.v1i1.12
Section
Articles

References

Arikunto,S. (2002). Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Danin,S. (2007). Metode Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Perilaku,Jakarta: Bumi Aksara
Elham. Penelitian Menarche.http.// www.google.co.id. 26 Juni 2012.
Fajri, A. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Menstruasi. http.// www.scrib.com. 26 Juni 2012.
Llewellyn,Derek & Jones. (2002). Fundamentals Of Obstetrics And Gynaecology, Jakarta: Hipokrates.
Manuaba. (2009).Buku Ajar Ginekologi Untuk Mahasiswa Kebidanan, Jakarta: EGC.
Manuaba. 2009. Memahami Kesehata Reproduksi Wanita, Jakarta: EGC
Mubarak, W. (2007). Promosi Kesehatan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nirmawana, A. (2011). Psikologi Kesehatan Wanita, Yogyakarta: Nuha Medika.
Nursalam. (2003). Konsep Dan Penerapan Metodelogi Peneltiian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Selemba Medika.
Nursalam. (2011). Konsep Dan Penerapan Metodelogi Peneltiian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Selemba Medika.
Notoatmojo, S. (2005). Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Prawirohardjo,S. (2005). Ilmu Kandungan, Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
Samsunuwiyati. (2007). Desmita Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto Dan Salamah, Ummi. (2008). Riset Kebidanan Metodelogi Dan Aplikasi, Yogyakarta: Mitra Cendikia Press