Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah

Main Article Content

Dewa Gede Juliawan
Ni Ketut Ayu Mirayanti
Ni Ayu Parwati

Abstract

Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan cara membersihkan tangan dan jari-jemari  yang bertujuan agar tangan menjadi bersih. Dampak dari kurang dilaksanakannya kebiasaan cuci tangan yang sering menyerang anak usia pra sekolah adalah diare, ISPA, cacingan dan demam tifoid. Informasi mengenai mencuci tangan dengan sabun ini perlu disosialisasikan melalui metode promosi kesehatan cuci tangan yang menarik untuk anak yakni metode bernyanyi. Melalui bernyanyi anak menjadi senang dan lebih mudah dalam memahami materi ajar yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan terhadap tindakan mencuci tangan pada anak usia pra sekolah. Jenis penelitian pra eksperimental dengan menggunakan rancangan one-group pre-post test design. Jumlah sampel sebanyak 22 orang dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tindakan mencuci tangan anak usia pra sekolah sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan adalah 10,41,setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan adalah 16,36. Hasil uji paired-t didapatkan nilai p = 0,000, artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan terhadap tindakan mencuci tangan pada anak usia pra sekolah. Cara tepat untuk mengubah perilaku adalah dengan cara pendekatan edukatif, salah satu pendekatan edukatif yaitu bernyanyi. Institusi pendidikan diharapkan adanya jadwal khusus dalam  memberikan pendidikan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah . Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11-20. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124
Section
Articles

References

Anugrah. (2014). Permasalahan Umum Kesehatan Anak Usia Sekolah. Diakses kembali dari http://journal.ui.ac.id/ Pada tanggal 13 Pebruari 2018
Apriany. (2012). Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. The Soedirman Journal Of Nursing.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Panduan Penyelenggaraan Hari Cuci Tangan Pakai SabunSedunia (HCTPS) Kedua. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Fitriasari. (2014). Hubungan Perilaku Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Dengan Kejadian Diare Pada Anak UsiaPra Sekolah Di Dusun 10 PandowanBrosot Galur Kulon Progo.E Journal Keperawatan (E-Kp), 1 (1) 1-8.
Ilmi. (2015) . Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Priaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah di TK Perwanida Krangkongan Tegalwangi Umbulsari Jember. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/viewFile/3957/ pada 13 pebruari 2018
Ismaniar. (2010). Metode-Metode Pengembangan Perilaku Hidup Sehat Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan
Jayastri. (2014). Pengaruh Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah (5-6 tahun) di PAUD Kumara Loka Denpasar. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Udayana.
Kurniasari. (2016). Perbandingan Hand Washing Promotion Dengan Metode Bernyanyi dan Hand Washing Dance Terhadap Pengetahuan Mencuci tangan Anak Usia Prasekolah Di PAUD TK Pra Widyalaya Gurukula dan PAUD Negeri Pembina Bangli. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Kushartanti. (2012). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Mencuci Tangan PadaAnak Sekolah Dasar Negeri 03 Kertajaya Padalaran. ejournal.stikesborromeus.ac.id
Lestari. (2012). Pengaruh Kegiatan Rutin Mencuci Tangan Di Sekolah Dengan Perilaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah Usia 4-6 tahun di TK Islam terpadu As-Salam kotaMalang.Jurnal diterbitkan.Universitas MuhammadiyahSemarang.
Listyowati. (2014). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 5Di SDN Pengasinan IV Kota Bekasi. Jurnal Keperawatan Community of Publishing in Nursing (COPING) NERS 1 (2) 11-15.
Mukhtar. (2016). Gambaran Pengetahuan Dan Pelaksanaan Cuci TanganPada Siswa Sekolah Dasar di MI Muhammadiyah Argosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Skripsi Progam Studi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Gombong
Mulyadi. (2015). Kemampuan Fisik dan Manajemen Diri. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nisarosalinah. (2017). Hubungan Perilaku Cuci Tangan Dengan Kejadian ISPA pada Anak Usia Sekolah di SD kartika XII Akmil Magelang.
Ponidjan, T. dkk. (2013). Hubungan antara prilaku cuci tangan pakai sabun dengan terjadinya diare pada anak usia sekolah di SD GMIM dua kecamatan tareran. Ejournal Keperawatan (E-Kp). Volume 1 (1): 1-8
Pramono, dkk (2011). Pengembangan permainan multimedia interaktif tentang prilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar. Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Peneliti Dan Pengembangan Kesehatan
Purwanto. (2012). Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Putra. (2014). Penggunaan Media Lagu “Ayo Cuci Tangan” Dalam Meningkatkan Keterampilan Mencuci Tangan (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas D2 di SLB “Sabilulungan” Kabupaten Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia. Online repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu
Rahmawati. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pembelajaran Gerak Dan Lagu Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 7-12 Tahundi SDN Pace 2 Kecamatan Silo Kabupaten Jember Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 10(2): 36-41
Ramadhan.(2014). Efektifitas Metode Ceramah Dan Bermain DalamPenyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Pengetahuan Siswa SDN 064026 Ladang Bambu Medan Tuntungan.Jurnal Ilmiah PANNMED 8 ( 3) Januari - April 2014
Rasyid. (2014). Metode-Metode Pengembangan Perilaku Hidup Sehat Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2): 36-41.
Rindafit. (2015). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Praktik Cuci Tangan Pada Anak Prasekolah Di PAUD Darunnajah Tamansari Wuluhan Jember. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember
Vina.(2015). Efektifitas MetodeExpository Teaching Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Wahit.(2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep dan Aplikasi.Jakarta: Salemba Medika
Wiflihani. (2012). Musik Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jurnal diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan
Wong, D.L. (2014). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Ed 4. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.
World Health Organization.2016. A Lively and Healthy Me, (www.wpro.who.int), diakses tanggal 8 Pebruari 2018.