Kemampuan Penalaran Klinis Mahasiswa Perawat Tahun Keempat Pada Masalah Keperawatan Medikal Medah

Main Article Content

Gede Arya Bagus Arisudhana
AA Made Nita Anggayani
Albert Chersman Ottry Kadiwanu
Ni Putu Eva Cahyanti

Abstract

Penalaran klinis merupakan sebuah kemampuan pengambilan keputusan, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan penilaian klinis. Penalaran klinis yang baik pada mahasiswa keperawatan akan menghasilkan sebuah keputusan klinis yang tepat dan asuhan keperawatan yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran klinis mahasiswa perawat tahun keempat pada masalah keperawatan medikal bedah. Desain penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tahun keempat STIKES Bina Usada Bali dengan sampel sebanyak 103, yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan Nursing Clinical Reasoning Assessment Tools. Analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki kemampuan penalaran klinis pada kategori competent   49(48%), diikuti dengan sejumlah 35(34%) responden dengan kemampuan penalaran klinis advanced beginner, sebanyak 14(13%) responden profecient, yang diikuti sejumlah 5(5%) mahasiswa memiliki kemampuan penalaran klinis novice. Temuan penelitian ini mengindikasikan  perawat pendidik untuk mengambil peran aktif dan menjadi lebih kreatif dengan mengembangkan keterampilan penalaran klinis.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Arisudhana, G. A. B., Anggayani, A. M. N., Kadiwanu, A. C. O., & Cahyanti, N. P. E. (2019). Kemampuan Penalaran Klinis Mahasiswa Perawat Tahun Keempat Pada Masalah Keperawatan Medikal Medah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 58-62. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.135
Section
Articles

References

Benner, P. (1982). From Novice to Expert. The American Journal of Nursing, 82(3), 402–407.
delBueno, D. (2005). A crisis in critical thinking. Nursing Education Perspectives, 26(5), 278–282.
Evans, J. S. B. T. (2008). Dual-Processing Accounts of Reasoning , Judgment , and Social Cognition. The Annual Review of Psychology, 59, 255–278.
Graan, A. C. Van, Johanna, M., & Williams, S. (2017). ScienceDirect A conceptual framework to facilitate clinical judgement in nursing : A methodological perspective. Health SA Gesondheid, 22, 275–290.
Guerrero, J. G. (2019). Practice Rationale Care Model : The Art and Science of Clinical Reasoning , Decision Making and Judgment in the Nursing Process, 79–88.
Harmon, M. M., & Thompson, C. (2015). Clinical reasoning in pre-licensure nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2), 63–70.
Heslop, L., McIntyre, M., & Ives, G. (2001). Undergraduate student nurses ’ expectations and their self-reported preparedness for the graduate year role. Journal of Advanced Nursing, 36(5), 626–634.
Hunter, S., & Arthur, C. (2016). Nurse Education in Practice Clinical reasoning of nursing students on clinical placement : Clinical educators ’ perceptions. Nurse Education in Practice, 18, 73–79.
Irfannuddin. (2009). Knowledge and critical thinking skills increase clinical reasoning ability in urogenital disorders : a Universitas Sriwijaya Medical Faculty experience. Medical Journal Indonesia, 18(1), 53–59.
Johansson, M. E., Pilhammar, E., & Willman, A. (2009). Nurses ’ clinical reasoning concerning management of peripheral venous cannulae. Journal of Clinical Nursing, 18, 3366–3375.
Schell, B. A. B. (2014). Chapter 30: Professional reasoning in practice. In H. S. Willard & B. A. B. Schell (Eds.), Willard & Spackman’s occupational therapy (12th ed, pp. 384–397). Philadelphia: Wolters Kluwer Health/Lippincott Williams & Wilkins.