Peningkatan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan IV (Patologi) Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri

Main Article Content

Pande Putu Novi Ekajayanti

Abstract

Mata Kuliah Patologi adalah salah satu subjek yang paling penting bagi mahasiswa kebidanan dalam proses meningkatkan kompetensi yang terkait dengan mata kuliah kebidanan lainnya terutama tentang kegawatdaruratan/ komplikasi. Data di Akademi Kebidanan KARTINI Bali menunjukkan bahwa hasil belajar dari mata kuliah patologi menurun secara signifikan dari tahun ke tahun. Salah satu hal penting yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah patologi menggunakan metode pembelajaran inquiri. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan perbandingan kelompok perlakuan dan kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah 107 sampel mahasiswa semester V dari Akademi Kebidanan KARTINI Bali. Uji Mann-Whitney digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran inquiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Novi Ekajayanti, P. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan IV (Patologi) Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 1(1). https://doi.org/10.36474/caring.v1i1.19
Section
Articles

References

Aqib, Z,. Siti, J,. Eko, D,. dan Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Choirul, M dan Padmiari, E. (2008). Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Karya Tulis Ilmiah. Denpasar: Politeknik Kesehatan Denpasar Jurusan Kebidanan
Depdiknas. (2007). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Depniknas
Depkes R.I. (2004). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI. Jakarta: Pusdiknakesh
Depkes R.I. (2006). Standar Pembelajaran Praktik Kebidanan. Jakarta: Pusdiknakesh
Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozaly, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: DP UNDIP
Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Keputusan Menteri Kesehatan RI. Nomor 900/Menkes/SK/VII/2002. Tentang Registrasi dan Praktik Bidan

Keputusan Menteri Kesehatan RI. Nomor 369/Menkes/SK/III/2007. Tentang Standar Profesi Bidan
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor.323/2002 Tentang Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar
Kunandar. (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Koes, H. S. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika. Bandung: JICA
Muslich, M. (2008). KTSP (Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Muslimin. (2007). Mari Belajar SAINS dengan Strategi Pembelajaran Inovatif. Malang: UMM Press Malang
Notoatmodjo, S. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Riyanto, Y. (2001). Metodelogi Penelitian Pendidikan. SIC: Surabaya
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukawana, I. W. (2008). Pengantar Statistik Untuk Perawat. Denpasar: Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar
Sulaiman, W. (2002). Program SPSS Untuk Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Thoifuri. (2008). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wahyuni, E dan Baharuddin. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Wiknjosastro, H.(2005). Ilmu Kandungan Edisi 2 Cetakan 3. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.