HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS II DENPASAR SELATAN

Main Article Content

IGAA Sherlyna Prihandhani Nina Rismawati Hakim I Gede Wirajaya

Abstract

Salah satu penyebab buruknya aspek kesehatan di Indonesia adalah tidak meratanya pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No.40 tentang sistem Jaminan sosial nasional (SJSN). Berdasarkan data di Puskesmas II Denpasar Selatan terdapat 689 orang pengguna BPJS, dimana setelah di wawancarai sebanyak sepuluh orang terdapat tujuh diantara sepuluh orang mengatakan tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskemas II Denpasar Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang digunakan adalah pasien yang berkunjung atau berobat ke Puskesmas II Denpasar Selatan menggunakan BPJS sebanyak 253 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan p value= 0,001 dengan kepuasan pasien dimana nilai p < 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dan acuan untuk penelitian selanjutnya agar dapat melakukan pengkajian lebih mendalam tentang faktor-faktor lainnya yang berkontribusi terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS seperti suasana, image.

Article Details

Section
Articles

References

Aji, Wahyu, Kartika,. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa Di Kab. Bekasi), http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/32181. Diakses pada tanggal 28 September 2016 pukul 15.30
Anisza. (2012). Kepuasan Pasien. eprints.ums.ac.id/21823/3/BAB_II.pdf. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2016 pukul 12.00
Diman, Agus. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu,http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/15349 /Jurnal %20KTI%20(Agus%20Diman%20Syaputra).pdf?sequence 1. Diakses pada tanggal 6 September 2016 pukul 10.00
Eryan. (2012). Pengaruh faktor – faktor bentuk pelayanan Terhadap kepuasan publik di rumah sakit Bhayangkara Kediri. http://publikasi.uniska-kediri.ac.id/data/uniska/revitalisasi/revitalisasivol1no3des2012/Revitalisasi-Vol1no3Des201209.%20Eryan%20Pramono.pdf. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2016
Enno, Margita. (2016). Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri), http://eprints.uny.ac.id/32082/1/MargitaEnnoYunida12808141015.pdf.Diakses pada tanggal 27 September 2016 pukul 10.00
Handayani. (2015). Determinan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Peserta Jamkesmas di Puskesmas Medan. http://repository.usu.ac.id/ bitstream/1234 56789/43333/5/Chapter%20I.pdf

Hayaza, Y.T. (2013). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2 No. 2, Februari, pp: 2-4.
Herliani, Devi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Bpjs Terhadap Pelayanan Bpjs (Studi Kasus : Peserta Pengguna Bpjs Yang Berkunjung Ke Dokter Keluarga/Apotek Di Kabupaten Sleman)
Ismawan, Nur. (2008). Analisis Kepuasan dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Dedi Jaya Kabupaten Brebes, Semarang
Kesehatan, BPJS. (2014) Indeks Kepuasan Peserta dan Faskes terhadap BPJS Kesehatan Sukses Lampaui Target,https://www.bpjskesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/46b07615fad0343451d7860b65909610.pdf. Di akses pada tanggal 16 Desember 2016
Nooria, Widoningsih. (2008). Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Norma, Lailan Sri. (2012). Pengaruh Tata Letak Ruang Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Pusat H.Adam Malik Medan Tahun 2004. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/32181 diakses pada tanggal 11 Oktober 2016
Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan
Profesional. Edisi Ketiga. Salemba Medika. Jakarta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Supardi. 2008. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Pengobatan Dengan Kepuasan Pasien Di Balai Kesehatan Karyawan Rokok Kudus. Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24. (2011). Badan Pelenyelenggara Jaminan Sosial, Republik Indonesia. Jakarta.