Pengaruh Kombinasi Jus Wordu terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi

Main Article Content

I Putu Artha Wijaya I Made Dwie Pradnya Susila I Gede Agus Wahyu Pramana Dita

Abstract

Tingginya kejadian hipertensi maka hipertensi menjadi masalah yang harus diatasi. Pada pengobatan herbal terapi pemberian jus (kombinasi wortel dan madu) dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada pasien hipertensi. Kombinasi jus wordu (wortel dan madu) memiliki kandungan seperti kalium yang mampu menjaga tekanan darah dan asetikolin yang membantu memperlancar pembuluh darah. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan rancangan one group prestest and posttest design. Penelitian dilakukan di Kelompok Lansia Wredha Shandi Kencana Desa Mas Ubud pada bulan Maret 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden yang ditentukan menggunakan total sampling. Responden mengkonsumsi kombinasi jus wortel dan madu selama 1 minggu sebanyak 2 kali bersamaan dengan sarapan di pagi hari dan makan siang. Analisa menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui pengaruh kombinasi jus wortel dan madu terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Hasil uji wilcoxon p-value yaitu sebesar 0,001 maka p-value < α (0,05) pada pre-test-post-test tekanan darah maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada nilai z hitung didapatkan z sistole sebesar -5.011, z diastole sebesar -5.353 dan z tabel dengan nilai 1,645. Dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kombinasi jus wordu (wortel dan madu) terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi Di Kelompok Lansia Wredha Shandi Kencana Desa Mas Ubud.

Article Details

How to Cite
Wijaya, I. P., Susila, I. M., & Dita, I. G. (2018, December 27). Pengaruh Kombinasi Jus Wordu terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 2(2), 58-62. Retrieved from http://ejournal.binausadabali.ac.id/index.php/caring/article/view/47
Section
Articles

References

Alissa, P. (2009). Keajaiban Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh. Yogyakarta : Genius
Aspiani, R. Y. (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik Aplikasi NANDA & NIC dan NOC, Jilid 1. Jakarta : TIM.
Dalimartha, S. (2013). Fakta Ilmiah Buah dan Sayur. Jakarta : Penebar Plus
Depkes RI. (2014). Hipertensi. Jakarta : Pusat Data dan lnformasi Kementerian Kesehatan Rl
Dinas Kesehatan Provinsi Bali. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2016. Denpasar : Dinas Kesehatan Provinsi Bali.
Fatimah. (2010). Gizi Usia Lanjut. Jakarta: PT. Erlangga
Jon, G. (2012). Program Olahraga : Tekanan Darah Tinggi. Yogyakarta : PT. Intan Sejati
Junaedi, E. (2013). Hipertensi Kandas Berkat Herbal. Jakarta Selatan : FMedia
Junaidi, L. (2010). Hipertensi Pengenalan dan Pengobatan. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer
Kemenkes RI. (2013). Prevalensi Hipertensi, Penyakit yang Membahayakan. Jakarta : Kemenkes RI.
Nugroho, W. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik, Edisi-3. Jakarta : EGC
Pudiastuti, R.D. (2011). Penyakit Pemicu Stroke. Yogyakarta : Nuha Medika
Pudiastuti, R.D. (2013). Penyakit-Penyakit Mematikan. Yogyakarta : Nuha Medika
Puspito, H. (2014). Studi Komparasi Efektivitas Pemberian Madu, Labu Siam, Labu Siam Dan Madu Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Primer di Dusun Pundung Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta : Yogyakarta. Diakses Tanggal 13 Oktober 2017.
Rahman, A. (2013). Amazing Madu 147 Resep Madu untuk Membasmi 85 Penyakit. Yogyakarta : CV Solusi Distribusi.
Sudoyo. A.W, Setiyohadi. B, Alwi. I, Simadibrata. M, Setiadi. S. (2009). Buku Ilmu Ajar Penyakit Dalam. Jilid II Edisi V. Jakarta: Interna Publishing Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam.
Susilo, Y dan Wulandari. (2011). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta : Andi.
Tela, I. (2017). Pengaruh Pemberian Jus Wortel (Daucus carota L.) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota. ProNers, 3(1).
Wahdah, N. (2011). Menaklukan Hipertensi dan Diabetes. Yogyakarta: Multipress.
Widiantari, N. K., Artana, I. W., & Susila, I. M. D. P. (2014). Pengaruh Kombinasi Jus Seledri, Wortel dan Madu Terhadap Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas II Denpasar Barat. Jurnal Dunia Kesehatan Volume 3 No 2 Desember.