Gambaran Persepsi Ibu Hamil tentang Mitos Kehamilan

Main Article Content

Tri Suhandoyo Dwi Susanti

Abstract

Kehidupan sosial budaya akan mempengaruhi persepsi ibu hamil yang seringkali lebih dominan membawa danpak negatif terhadap kesehatan reproduksi ibu dan kesehatan anak. Berbagai mitos kehamilan pada akhirnya menyebabkan ibu hamil kekurangan gizi seperti anemia dan kurang energi kronis (KEK) sehingga rentan terjadi perdarahan dan Berat bayi lahir rendah (BBLR). Peneliti ingin mengetahui gambaran persepsi ibu hamil terhadap mitos kehamilan di wilayah kerja puskesmas Dlingo II Bantul Yogyakarta. Penelitian ini berjenis deskriptif non analitik dengan rancangan cross-sectional. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 68 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Hasil dalam penelitian ini adalah responden memiliki persepsi positif terhadap mitos kehamilan yaitu sebanyak 37 orang (54,4%) dan responden yang memiliki persepsi negatif sebanyak 31 responden (45,6%).  Ibu hamil di wilayah kerja puskesmas Dlingo II Bantul Yogyakarta memiliki persepsi positif terhadap mitos, artinya responden percaya terhadap mitos kehamilan yang berada di masyarakat.

Article Details

How to Cite
Suhandoyo, T., & Susanti, D. (2018, December 27). Gambaran Persepsi Ibu Hamil tentang Mitos Kehamilan. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 2(2), 45-51. Retrieved from http://ejournal.binausadabali.ac.id/index.php/caring/article/view/56
Section
Articles

References

Fitria. (2009). Prinsip Dasar dan aplikasi penulisan laporan pendahuuan dan strategi pelaksanaan tindakan. Jakarta: salemba medika.
Harnindita. (2015). Hubungan usia, pendidikan, paritas dengan sikap ibu hamil mengenal tanda-tanda bahaya kehamilan di Puskesmas Piyungan Bantul tahun 2015. Yogyakrta: Stikes Aisyiyah.
Kementerian Kesehatan RI. (2014). Riset Kesehatan Dasar, Riskesdas 2014. Kementerian Kesehatan.
Khoililurrohman. (2003). Hubungan Antara Kepercayaan Terhadap Mitos Kehamilan Dengan Perilaku Kehati-Hatian Menjelang Persalinan. Psikologi UGM Yogyakarta.
Manuaba. 2010. Ilmu kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Bidan. Jakarta: Arcana.
Meutia. F, Swasno. (1998). Kehamilan, kelahiran, perawatan ibu dan bayi dalam aspek budaya indpnesia. Jakarta: UI.
Nirwana A. B. (2011). Kapita Selekta Kehamilan. Yogyakarta: Huna Medika.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2013). Konsep dan Metode Peneleitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Intrument Penelitian. Jakarta : Salemba Medika.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologis Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyudi, HK. (2010). Doa Mendampakan Momongan. Bandung: Mizan Pustaka
Riyanto, A. & Budiman. (2013). Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.